Fungsi Matematika
Merupakan salah satu Fungsi pada Microsot Excel untuk mengolah data.
Beberapa Fungsi
Matematika Pada MS Excel
· * ABS
Menghasilkan nilai abosulut dari suatu angka
Menghasilkan nilai abosulut dari suatu angka
· * CEILING
Menghasilkan pembulatan angka ke atas
Menghasilkan pembulatan angka ke atas
· * COS
Menghasilkan nilai kosinus dari suatu sudut. angka tersebut dalam radian, jadi jika kamu pengen cari nilai kosinus suatu sudut (dalam derajat), maka kamu perlu ubah dulu menjadi radian gunakan fungsi RADIANS(sudut)
Menghasilkan nilai kosinus dari suatu sudut. angka tersebut dalam radian, jadi jika kamu pengen cari nilai kosinus suatu sudut (dalam derajat), maka kamu perlu ubah dulu menjadi radian gunakan fungsi RADIANS(sudut)
· * DEGREES
Mengubah nilai sudut radian ke derajat
Mengubah nilai sudut radian ke derajat
· * FLOOR
Membulatkan angka ke bawah
Membulatkan angka ke bawah
· * INT
Membulatkan angka ke nilai terdekat
Membulatkan angka ke nilai terdekat
· * LN
Menghasilkan nilai Lon atau disebut juga Natural Logaritma suatu angka
Menghasilkan nilai Lon atau disebut juga Natural Logaritma suatu angka
· * LOG
Menghasilkan nilai Logartima suatu angka
Menghasilkan nilai Logartima suatu angka
· * PI
Menghasilkan nilai pi = 3,14
Menghasilkan nilai pi = 3,14
· * POWER
Menghasilkan nilai dari angka pangkat berapa...
Menghasilkan nilai dari angka pangkat berapa...
· * RADIAN
Mengubah nilai sudut derajat ke radian
Mengubah nilai sudut derajat ke radian
· * RAND
Menghasilkan nilai acak dari 0 sampai 1
Menghasilkan nilai acak dari 0 sampai 1
· * SIN
Menghasilkan nilai sinus suatu sudut (radian)
Menghasilkan nilai sinus suatu sudut (radian)
· * SQRT
Menghasilkan akar pangkat dua suatu angka
Menghasilkan akar pangkat dua suatu angka
· * SUM
Menjumlahkan angka-angka
Menjumlahkan angka-angka
· * TAN
Menghasilkan nilai tangen suatu sudut(radian)
Menghasilkan nilai tangen suatu sudut(radian)
Contoh Data :
untuk dapat menghitung jumlah maka, langkah pertama yaitu pilih submenu formula kemudian pilih menu math & trig kemudian pilih SUM.
maka akan muncul Function Arguments, kemudian isi pada Number 1 seperti pada gambar di bawah kemudian klik ok.
Maka hasilnya :
Fungsi statistik
Microsoft
Excel menyertakan beberapa fungsi untuk mengolah data khususnya data statistik.
Fungsi
– fungsi untuk mengolah data statistik antara lain adalah sebagai berikut :
Average Menghasilkan
nilai rata – rata dari data yang dipilih
Count Menghitung
jumlah cell yang berisi data
CountBlank Menghitung
jumlah cell yang kosong
CountIf Menghitung
jumlah cell yang sesuai dengan kriteria
Max Menghitung
nilai maksimal dari cell yang dipilih
Min Menghitung
nilai minimal dari cell yang dipilih
Median Menghitung
nilai median dari cell yang dipilih
Contoh
Data :
Untuk menghitung
rata-rata data di atas, kita dapat menggunakan fungsi statistik, pilih submenu
formula, kemudian pilih menu More Function → Statistical → AVERAGE.
Maka
akan muncul Function Arguments, kemudian isi number 1 seperti pada gambar di
bawah lalu klik ok.
Maka
hasilnya.. :
Fungsi Logika
Fungsi logika pada
Microsoft Ecxel dapat membantu kita dalam perhitungan ketika menentukan lulus
atau tidaknya sebuah nilai. Beberapa fungsi logika yang sering digunakan adalah
:
AND Output akan menghasilkan True jika kedua nilai inputan sama
OR Output akan menghasilkan
True jika salah satu inputan bernilai True
NOT Output akan menghasilkan
nilai kebalikan dari nilai inputan
IF Output akan menghasilkan
nilai True jika ditemukan kondisi yang sesuai
Contoh Data :
Untuk menentukan
lulus atau tidaknya kita dapat menggunakan fungsi IF pada data di atas.
=IF(Kondisi,pernyataan
jika Benar,pernyataan jika Salah)
Pilih submenu
formula kemudian pilih memu logical lali pilih fungsi IF.
Maka akan Muncul
Function Argument, isi Logical_Test, value_if_True dan Value_If_False seperti
pada gambar di bawah lalu ok.
Maka Hasilnya.... :
Fungsi
LOOKUP
Pada
dasarnya fungsi look up sama dengan referensi cell biasa. Fungsi look up
bekerja dengan dua kolom. Salah satu kolom sebagai kuncinya (nilai yang dicari)
dan kolom yang lain sebagai hasilnya.
Microsoft
Excel membagi lagi look up menjadi dua bagian yaitu VLOOKUP dan HLOOKUP.
Gunakan VLOOKUP jika data yang ingin dicari berurutan dalam posisi vertikal.
Apabila data yang akan dicari berada dalam posisi horizontal maka harus
menggunakan HLOOKUP.
Contoh
:
VLOOKUP
VLOOKUP
atau Vertical Lookup digunakan jika tabel referensi disusun secara vertikal.
Untuk lebih memahami fungsi VLOOKUP, buatlah tabel – tabel seperti
berikut :
Untuk
mendapatkan nilai TOTAL gunakan rumus1 =(0.3*F2)+(0.7*G2)
Sedangkan
untuk GRADE gunakan rumus1 =VLOOKUP(H2,$A$2:$B$11,2)
Penjelasannya
adalah sebagai berikut :
VLOOKUP
= metode lookup yang digunakan adalah vertikal karena tabel referensi (NILAI)
disusun secara menurun.
H2
= cell yang akan dibandingkan nilainya dengan tabel referensi.
$A$2:$B$11
= kolom referensi bersifat absolut
2
= nomor kolom tabel referensi (hasil) yang ditampilkan dari pengolahan nilai
pada cell H2 dibandingkan dengan tabel referensi.
Good
BalasHapus